Program Studi Geofisika

Apa Geofisika?

Geofisika adalah ilmu yang menerapkan kaidah fisika untuk memperoleh informasi Bumi (atmosfir, sekitar dekat permukaan dan lapisan bumi sampai ke inti) seperti struktur batuan dan yang terkandung di dalamnya ( mineral, minyak dan gas, batu  bara kegunungapian, lingkungan dll) melalui pengukuran di permukaan dan di udara. Berdasarkan parameter fisis ini dikorelasikan dengan kondisi bawh permukaan baik secara vertikal maupun horisontal.

Bidang kajian ilmu geofisika meliputi meteorologi (udara), geofisika bumi padat dan oseanografi (laut). Beberapa contoh kajian dari geofisika bumi padat misalnya seismologi yang mempelajari gempabumi, ilmu tentang gunungapi (volcanology), geodinamika yang mempelajari dinamika pergerakan lempeng-lempeng di bumi, dan eksplorasi seismik yang banyak digunakan dalam pencarian hidrokarbon. Metoda geofisika yang lainnya yang terus berkembang adalah metoda kelistrikan dan elektromagnetik baik galvanik maupun induksi. Metoda terakhir ini banyak diaplikasikan untuk eksplorasi mineral, batu bara, geotermal dan lingkungan.

Program Studi Geofisika Unpad

Geofisika telah menjadi salah satu bidang kajian pada Program S1 Jurusan Fisika FMIPA Unpad sejak tahun 1975. Pada tahun 1985 dibentuk Kelompok Bidang Kajian (KBK) Geofisika yang bertujuan untuk melakukan penelitian dan perkuliahan terkait dengan bidang geofisika.

 

Untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalitas, maka pada tahun 2010 status KBK Geofisika secara resmi berubah menjadi Program Studi (Prodi) Geofisika melalui SK Mendiknas No. 49/D/O/ 2010 dan No. 257/D/O/2010.
Misi Prodi Geofisika adalah menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dalam geofisika dan terapannya serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu.

Comments are closed.